Jenis Ikan Mas/Karper, Ciri Fisik & Karakteristiknya

Jenis Ikan Mas/Karper, Ciri Fisik & Karakteristiknya

ww.horsehats.comJenis Ikan Mas/Karper, Ciri Fisik & Karakteristiknya. Bagi yang suka estetika tentunya punya standar tersendiri bagaimana membuat suasana rumah semakin hidup. Anda bisa melakukan berbagai hal seperti mendekorasi ruangan, mengisi ruangan dengan tanaman hias, bahkan meletakkan beberapa hewan kecil di dalam ruangan. Salah satu hewan yang bisa Anda pelihara adalah ikan mas atau gurame.

Macam-Macam Ikan Mas Termahal

Padahal, setiap daerah di Indonesia memiliki jenis ikan mas atau gurame tersendiri. Dari produk berkualitas biasa hingga produk berkualitas tinggi. Di Jawa Barat misalnya, jenis ikan mas yang dijadikan unggulan adalah ikan mas majalaya, meskipun jenis ikan mas yang berbeda tentunya ada di daerah lain. Di sini, kami akan memperkenalkan 21 ikan mas yang bisa dipelihara.

1. Merah

Ikan mas ini memiliki ciri khas tersendiri, diantaranya sisik berwarna merah keemasan. Memiliki bentuk tubuh yang relatif ramping, posisi punggung yang relatif rendah dan tidak lancip. Memiliki bentuk mata yang menonjol. Selain itu, ikan mas merah dikenal lebih aktif dibandingkan ikan mas jenis lainnya. Favoritnya adalah mengaduk-aduk dasar kolam renang.

2. Yamato

Meski bisa dikatakan kurang populer di negara ini, ikan gurame dadong banyak ditemukan di beberapa negara di Asia Timur (seperti China atau Jepang). Memiliki ciri bentuk tubuh langsing dengan sisik berwarna coklat kehijauan.

3. Kumpay

Ikan mas atau gurame ini memiliki nama yang sangat unik, memiliki beberapa ciri antara lain siripnya yang panjang dan bergerombol sehingga terlihat menawan saat bergerak. Tubuhnya ramping dan sisiknya memiliki berbagai warna mulai dari kuning, putih, hijau hingga merah.

Meski begitu, pertumbuhan ikan mas kumpay relatif lambat. Namun selain dijadikan hiasan, ikan mas juga bisa dimakan. Jangan tanya soal rasa, sebaiknya coba.

4. Fancy

Ciri yang membedakan ikan mas ini adalah adanya bintik hitam di sekujur tubuhnya. Memiliki bentuk tubuh yang sama dengan yang lain yaitu ramping. Ikan mas ini memiliki gradasi yang bermacam-macam, seperti kuning, merah atau hitam, dan disebut fancy.

5. Punten

Ikan mas punten hampir sama dengan namanya, merupakan salah satu jenis ikan mas atau gurame yang berkembang biak di daerah Punten Malang Jawa Timur. Memiliki karakteristik yang unik, antara lain perawakan pendek, tinggi dan punggung lebar, membuat ikan mas pun terlihat seperti lingkaran demi lingkaran.

Rasio panjang total terhadap tinggi adalah 2,3-3,4: 1. Sisik hijau tua dan mata menonjol. Namun, ikan mas ini lebih jinak di alam dan lebih lambat dalam pergerakan tubuhnya.

6. Taiwan

Ikan mas ini memiliki keunikan tersendiri. Sebagian besar sisik tubuhnya berwarna hijau kekuningan, tetapi kuning pucat mulai dari tepi rektum hingga pangkal sirip ekor.

Selain itu, ikan yang memanjang ini memiliki bentuk punggung yang agak bulat, seperti lengkungan. Banyak orang yang percaya bahwa ikan mas ini berasal dari Taiwan, kemudian dikenalkan dan diperbanyak di Indonesia.

Dari segi makanan, ikan mas Taiwan sangat agresif dan sensitif terhadap makanan. Tak heran bila sekelompok ikan mas Taiwan saling adu mulut saat makan.

7. Kaca

Ikan mas ini memiliki keunikan yaitu tubuhnya hampir tidak tertutup sisik. Jika Anda melihat bagian yang tertutup timbangan, itu terlihat seperti kaca. Ada sisik putih di sepanjang garis horizontal (teks garis) dan di sekitar bagian bawah sirip. Sisik putih terlihat mengkilat, besar dan tidak rata dengan sisik lainnya.

8. Sinyonya / Putri Yogya

Ikan mas yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan mas atau gurame yang biasanya bertelur, sehingga tidak heran orang menyebutnya sebagai ikan. Dibandingkan dengan ikan mas yang lucu, ia memiliki bentuk tubuh yang lucu dengan bentuk yang ramping (bentuk tubuh yang panjang) dan bentuk punggung bawah.

Saat mengukur, perbandingan antara panjang dan tinggi berada pada kisaran 3,66: 1. Dengan sisik kuning cerah, seperti kulit jeruk, mata akan melebar saat masih muda, namun lambat laun akan menyempit saat sudah tua.

Zhonghua yo memiliki karakter yang jinak dan senang bergaul dengan ikan lain di atas air. Ikan mas ini memiliki ketahanan terhadap parasit Mycoplasma dan toleransinya berkisar antara pH 5,5 hingga 8,5.

Berbicara tentang pertumbuhan ikan gurame, dalam kurun waktu tertentu jumlah telur yang dapat mereka keluarkan antara 85.000 – 125.000, dan diameter telur 0,3 – 1,5 mm. Indukan Sinyonya betina akan matang secara seksual pada umur 18 bulan, sedangkan Indukan Sinyonya jantan baru berumur 8 bulan.

9. Majalaya

Ikan ini memiliki habitat asli di daerah Majalaya Bandung Jawa Barat sehingga dijuluki juga ikan mas Majalaya. Postur relatif pendek dan postur membungkuk ke belakang memiliki bentuk lancip yang lebih kecil dibandingkan beberapa jenis ikan mas lainnya.

Saat mengukur dengan rasio tinggi dan panjang, kisarannya adalah 3,2: 1. Selain itu, bentuknya berangsur-angsur menjadi lebih tajam ke arah belakang, dan memiliki moncong (mulut) yang rata.

Ini memiliki sisik abu-abu-hijau dan bagian bawah gelap. Bagian bawah dan bagian bawah sirip ekor berwarna kuning pucat. Oleh karena itu, semakin dekat ke belakang, semakin gelap keseimbangannya.

Dapat dikatakan bahwa karakter ikan mas Majalaya sejalan dengan kebiasaan olahraga di atas air. Selain itu, beberapa keunggulan antara lain ketahanan terhadap bakteri Aeromonas hydrophila hidrofilik dan laju pertumbuhan yang relatif maju.

Selain itu ikan mas Majalaya merupakan ikan mas atau gurame yang dapat dimakan sehingga tidak heran jika memiliki rasa yang enak dan tentunya juga mengandung protein yang tinggi. Sementara itu, terkait perkembangannya, mereka memiliki kesuburan yang tinggi (jumlah telur), yaitu 84.000 hingga 110.000 telur per kilogram telur induknya.

Baca Juga: 20 Hewan Penghuni Hutan Amazon yang Paling Mematikan

10. Kancra Domas

Ikan mas atau gurame jenis ini memiliki postur tubuh yang panjang dan ramping, dengan sisik-sisik kecil yang tersusun tidak beraturan. Berbagai warna skala termasuk coklat, hijau dan biru.

Jika diperhatikan, sisik di bagian belakang semakin gelap, dan semakin banyak sisik yang mengarah ke perut maka warna sisik tersebut akan menjadi keemasan atau bahkan keperakan. Ikan mas Kancra atau Domas sifatnya sangat jinak, tidak jauh berbeda dengan sifat ikan mas Taiwan.

11. Lokal

Mengenai jenis ikan mas ini tidak bisa diklasifikasikan menurut selera jenis tau tertentu. Akan tetapi, jenis ikan mas ini paling banyak ditemukan di masyarakat atau di sekitar kita, dan akhir-akhir ini paling banyak dilihat oleh para pembudidaya ikan.

Dengan ciri khas warna sisik merupakan gabungan dari berbagai jenis ikan mas yang sudah ada. Selain itu badannya memanjang tapi matanya tidak miring. Ikan mas atau gurame ini kemungkinan merupakan hasil hibridisasi yang tidak terkendali di masyarakat.

12. Mas \ Karper Koki

Jika kita berbicara tentang ikan hias air tawar terpopuler, ikan mas adalah jawabannya. Selain memiliki bentuk dan corak yang beragam, juga memiliki ciri yang beragam. Ada lebih dari 300 spesies ikan mas yang diklaim. Diantaranya adalah ikan mas berbentuk teleskop dengan mata menonjol, seakan hendak keluar dari kepala ikannya. Selain itu, ada beberapa jenis lainnya sebagai berikut.

13. Koki bubble eye

Kemudian ada ikan mas bermata gelembung yang memiliki ciri mata normal dan dikelilingi oleh kantong besar berisi cairan (seperti balon) di bawah mata ikan mas. Selain itu, ikan mas kanguru atau jenis yang biasa disebut mata terbalik memiliki bentuk batu bata yang mirip dengan jenis teleskop, namun yang membedakan adalah posisi matanya terbalik.

14. Koki common

Lalu ada jenis spesies ikan mas varietas common, yang paling tangguh dikembangbiakkan di antara spesies yang ada. Ikan mas varietas common dapat berkembang biak dalam berbagai situasi dan kondisi. Selain itu, mereka tidak selektif dan sangat peka terhadap berbagai jenis makanan. Dengan cara ini Anda bisa makan tanpa kesulitan.

Ikan mas varietas common merupakan kerabat dekat ikan mas liar, dan yang membedakan keduanya hanya pada warnanya. Spesies ikan mas fancy yang paling modern adalah spesies ikan mas yang umum.

Dinamakan “normal” karena tidak memiliki ciri-ciri yang menonjol, tipe mata normal, bentuk tubuh ramping, dan warna yang bervariasi dari merah, biru, jingga, coklat hingga hitam.

Selain itu penampakan jenis ikan mas komet sangat mirip dengan jenis normal, sehingga sulit bagi sebagian orang untuk membedakan keduanya. Bentuk tubuh komet lebih kecil dari komet biasa.Selain fitur yang mencolok, ekor komet juga sangat panjang dan bercabang, sedangkan komet biasa hanya memiliki satu ekor.

Mereka tergolong ikan mas yang aktif, sehingga membutuhkan banyak ruang untuk bergerak dan meregangkan siripnya yang panjang. Biasanya orang memasukkannya ke dalam akuarium besar atau bahkan di kolam.

Ikan mas varietas common tergolong awet, sehingga sangat cocok untuk pemula yang menyukai ikan mas.

15. Koki jikin

Lalu ada ikan mas Jikin, bentuk tubuhnya tidak jauh beda dengan ikan biasa. Bedanya, ekor jikin bisa menjulur menjadi empat bagian seindah ekor burung merak. Dari belakang, ekor ikan mas Jikin tampak seperti huruf X.

Ini memiliki nada putih bersih, dengan enam titik merah di bibir, ekor dan sirip. Karena warnanya yang sulit berkembang biak, menjadikan ikan mas Jijin spesies langka dan mahal.

Kalaupun ingin mendapatkan warna yang indah dan artifisial, timbangan harus diproses, yakni timbangan yang menghilangkannya saat masih muda. Dengan cara ini, timbangan tersebut tidak akan muncul lagi di usia dewasa dan menghilang secara permanen.

Selain itu, ikan mas veiltail memiliki punuk menonjol yang khas, dengan ekor dua kali lipat tanpa cabang dan ujung datar. Ekor dan siripnya sangat lebar dan tampak menggantung di badan.

Sayangnya, sirip mereka terlalu besar untuk berenang secara normal. Selain itu siripnya sangat tipis, sehingga harus dipelihara dengan ikan jinak agar siripnya tidak rusak akibat gigitan atau hiasan tajam di dalam akuarium.

16. Koki oranda

Kemudian, ikan mas atau gurame lainnya adalah ikan mas Oranda. Penampilan unik dari tubuhnya yang berbentuk telur dan benjolan di kepalanya membuat Oranda terlihat seperti buah raspberry. Oranda memiliki warna matte, merah, putih bahkan metalik. Pada saat yang sama, warna yang paling populer adalah putih dengan topi merah Oranda.

Sebagian besar ekor Oranda memiliki cabang, sehingga tampak seperti melayang saat bergerak.

17. Koki ryukin

Berikutnya adalah ikan mas Ryukin. Mengklaim sebagai ikan mas yang mirip dengan ikan teri Jepang, Ryukin memiliki punggung yang tinggi tetapi tubuh yang padat. Karena bentuk punggungnya yang tinggi, kepalanya tampak lebih tajam dibandingkan dengan ikan mas bulat lainnya.

Dragon Gold adalah spesies tangguh dengan ketahanan yang kuat. Bersikaplah aktif dan bisa makan makanan apapun yang Anda sediakan. Biasanya warna sisik yang mereka miliki berwarna merah dan putih.

18. Koki Pearlscale

Kemudian muncullah ikan mas mutiara. Dinamakan demikian karena sisiknya mirip dengan mutiara. Setiap sisik ikan mas sisik mutiara memiliki titik tengah yang menonjol, dan ujungnya biasanya berwarna putih. Karena itu, tampilannya mirip dengan Pearl.

Meski begitu, ikan mas ini tidak bisa hidup di lingkungan bersuhu rendah (dingin) seperti ikan mas lainnya, sehingga harus ditempatkan di air bersuhu sedang. Ikan mas bersisik mutiara memiliki ekor oval ganda dan tubuh bulat yang dalam, mirip bola golf.

19. Koki Lionhead

Spesies ikan mas selanjutnya adalah Lionhead. Ciri khasnya yaitu tidak memiliki sirip di punggung sehingga sangat digemari, selain itu tubuhnya juga berbentuk bulat seperti telur dengan punggung agak melengkung. Bentuknya yang bulat dan tidak adanya sirip membuat mereka menjadi perenang yang buruk.

Oleh karena itu sebaiknya dipelihara di akuarium dengan komunitas ikan yang ringan, yang tentunya tidak akan mengganggu pertumbuhannya. Selain itu, Lionhead memiliki karakteristik sensitif, sehingga perawatan harus dilakukan dengan hati-hati.

20. Koki Pompom

Lalu ada ikan mas Pompom. Ada bentuk tubuh yang sangat menarik, yaitu daging yang menonjol di hidung disebut juga nose bouquet, sehingga terlihat seperti pom-pom.

Tubuhnya tidak jauh berbeda dengan ikan lionhead, bedanya mereka memiliki benjolan di hidung dan sirip di punggungnya.

21. Koki Egg Fish

Lalu ada ikan telur. Mereka dicirikan dengan ekor dan sirip yang relatif pendek, mata normal dan bentuk mirip telur, sehingga disebut ikan telur.

Menurut panjang ekornya, mereka dapat dibagi menjadi dua sub-kategori. Di antara ikan telur dengan ekor pendek adalah ikan telor tradisional. Di sisi lain, yang memiliki ekor panjang disebut telur phoenix. Mereka dinamai burung phoenix karena ekor mereka tidak jauh berbeda dari bulu panjang burung Phoenix yang menakjubkan.

Masih banyak jenis ikan mas yang tersebar di seluruh dunia, yang mungkin merupakan pembagian jenis-jenis di atas. Tentunya dengan berbagai warna, ciri, bentuk tubuh dan kecantikan yang luar biasa, orang tidak bosan merawatnya. Selain itu, ada beberapa varietas yang bisa dimakan. Tapi tentunya karena ini adalah ikan hias bukan untuk dimakan alangkah lebih baiknya jika dipelihara. Tentunya, mendekorasi rumah Anda akan lebih bermanfaat.

Baca Juga: 18 Film Animasi Terbaik Mengisi Waktu Santai

“Memilih Ikan Mas Koki”

Pilih jenis ikan mas koki yang sesuai

Semua ikan mas itu berbeda-beda atau banyak jenisnya. Jangan mencampur ikan mas dengan ukuran atau karakteristik yang sangat berbeda. Misalnya, jika Anda mencampurkan Moor hitam dengan sirip dua ekor, tubuh bulat dan komet dengan penglihatan yang buruk, dan kometnya hanya memiliki satu ekor, tubuh langsing panjang dan penglihatan yang baik, maka Moor hitam itu bisa mati kelaparan karena itu tidak bisa bersaing untuk mendapatkan makanan.

Aturan Umum:

  • Jenis ekor tunggal dicampur dengan ekor tunggal.
  • Jenis ekor kembar dicampur dengan ekor kembar.
  • Jenis yang penglihatan buram (celestial,black moorl, mata balon) digabung dengan jenis yang sama penglihatan buruk.

Periksa kesehatan ikan sebelum membeli

Sebelum membeli ikan mas pastikan spesimennya sehat. Ikan Anda mungkin terinfeksi penyakit, tetapi jika Anda tidak menunjukkan tanda-tanda, Anda mungkin dapat menghentikan penyebaran penyakit selama isolasi.

Hal-hal memilih ikan sehat:

  • Apakah ikan aktif dan mencari makan? Ikan yang sehat tidak boleh dibiarkan di bawah akuarium.
  • Apakah semua sirip utuh, berjumbai atau berkerut di tepinya, tegak dan menjauh dari tubuh?
  • Adakah bintik merah pada sirip atau badan? (Sulit untuk melihat ikan merah atau oranye)
  • Apakah ada bintik-bintik putih kecil pada ikan? (Waspadai bintik putih)
  • Apakah tubuhnya bulat? (Pertimbangkan jenis ikan mas yang Anda beli. Komet yang sehat jauh lebih tipis daripada ekor yang sakit, tetapi harus tetap ramping, bukan atas.)
  • Dibandingkan dengan ikan lain di akuarium, apakah pernapasan ikan mas normal? Apakah kamu tidak bernapas dengan cepat?
  • Apakah gerakan ikan tampak sembrono, atau berusaha untuk tetap mengapung?
  • Apakah ada sisik yang hilang atau menonjol (kecuali untuk ikan mas mutiara)?
  • Apakah ikan sering menggaruk kerikil atau sisi akuarium?

Memilih ikan mas yang sehat merupakan keterampilan yang bisa dipelajari dengan cepat. Dengan sedikit pengalaman, Anda hanya perlu sekilas untuk mengetahui ikan mana yang sehat dan mana yang sakit.

Setelah ikan mas Anda “melewati” tahap pemeriksaan kesehatan ini, langkah selanjutnya adalah mencari cacat serius pada spesies yang Anda beli, seperti:

  • Apakah ada dua sirip ekor (semua ikan mas fancy memiliki dua sirip ekor)? Periksa apakah unit pendingin bengkok atau robek.
  •     Jika spesies tidak memiliki sirip punggung (seperti merumput), apakah punggung punggung cukup mulus tanpa tonjolan?
  •     Jika ditambatkan hitam, berbentuk balon atau langit, apakah masing-masing mata berukuran sama?

Cara memilih calon induk ikan mas lebih sulit. Keterampilan ini membutuhkan waktu untuk berkembang, dan bahkan peternak papan atas memiliki pendapat yang berbeda.

Saat di perjalanan menuju rumah dengan selamat

Tujuan Anda adalah untuk menjaga suhu air ikan mas saat ini. Ikan mas bersifat demam, yang artinya suhu tubuhnya disesuaikan dengan suhu air yang mereka masukkan. Kecuali jika perjalanan pulang singkat, kantong plastik harus ditempatkan dalam wadah yang terisolasi (Eskey, lemari es atau sejenisnya).

Jika mobil ber-AC, jauh lebih baik. Perubahan suhu air yang tiba-tiba dapat membuat ikan mas stres stres, yang dapat menyebabkan kematian atau penyakit.

Pastikan isolasi ikan baru

Kebanyakan ikan mas dibesarkan di kolam luar ruangan yang besar dan memiliki ruang berenang yang cukup. Mereka kemudian ditangkap dan ditempatkan di akuarium kecil yang penuh sesak dengan kualitas air yang buruk.

Misalkan ikan baru Anda terjangkit penyakit atau penyakit lain akibat stres.

Ikan baru Anda harus diisolasi dalam wadah terpisah, dan sejumlah kecil obat harus ditambahkan setidaknya selama dua minggu sebelum dianggap bebas penyakit. Konsentrasi garam ikan terbaik adalah 0,3% (3 gram per liter atau 1 sendok makan per galon). Ikan mas sangat toleran terhadap garam di dalam air.

Jika sisik atau sirip rusak untuk mencegah serangan jamur atau bakteri, biru metilen harus ditambahkan. API StressCoat® dengan lidah buaya akan melapisi kembali lapisan lendir alami ikan dengan lapisan pelindung. Obat berbasis praziquantel digunakan untuk mengobati cacing dan parasit protozoa.

Meletakkan ikan ke tempat  barunya

Saat memindahkan ikan mas dari satu wadah ke wadah lainnya, ada tiga jenis kualitas air yang harus diperiksa, yaitu:

  • Parameter kimia air
  • Suhu air
  • PH air

Dengan asumsi Anda telah melakukan pemeriksaan ini dan air yang disediakan untuk ikan mas sudah sesuai, maka ada cara yang benar untuk memasukkan ikan ke dalam wadah isolasi sementara.

langkahnya:

  • Kantong plastik di tangki air terapung.
  • Jika kantong plastik berisi oksigen murni yang ditambahkan ke toko ikan, tutuplah. Jika tidak, silahkan buka tasnya.
  • Harap diperhatikan bahwa beberapa ikan mas berekor tunggal suka melompat dalam situasi yang penuh tekanan.
  • Perhatikan tanda-tanda tekanan, seperti udara yang memompa. Saat Anda melihat ikan terengah-engah untuk pertama kalinya, aerasi air dengan batu udara.
  • Setelah setengah jam atau ketika suhu air di dalam kantong dan tangki sama, perlahan-lahan mulailah mencampurkan air di kantong dengan air akuarium selama sekitar satu jam untuk membuat pH sama. (Jika pH di tangki isolasi lebih tinggi dari pH di kantong, proses ini dapat dipercepat).
  • Setelah pH seimbang, miringkan kantong plastik dengan hati-hati agar ikan bisa berenang ke akuarium atau wadah karantina.
  • Sebelum memasukkan ikan baru ke rumah baru, mereka harus dikarantina setidaknya selama dua hingga empat minggu ke depan.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
Artikel Unik