Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Dunia

Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Dunia

Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Dunia – Kuda diketahui selaku fauna yang kuat, kilat, serta sanggup berhubungan dengan orang.

Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Dunia

horsehats – Tetapi, sebagian suku bangsa Kuda lebih diketahui dari yang lain sebab mempunyai karakter istimewa yang bisa jadi tidak ditemui pada Kuda yang lain. Salah satu Kuda yang mempunyai karakteristik tertentu merupakan Kuda Akhal Teke.

Dikutip dari idntimes, Kuda ini gampang dikenali sebab bulunya yang mengilap kolam metal. Sayangnya, Kuda ini masuk dalam catatan binatang yang nyaris musnah serta cuma dapat ditemui di sebagian negeri saja.

Tidak hanya itu, sedang terdapat sebagian kenyataan mengenai Kuda Akhal Teke yang menarik buat diulas.

1. Kuda nasional Turkmenistan

Akhal Teke berawal dari padang pasir Karakum di Turkmenistan serta jadi Kuda nasional negeri itu. Akhal Teke diperlihatkan pada ikon, duit kertas, serta perangko Turkmenistan, serta area ini besar hati jadi tempat kelahiran suku bangsa Kuda yang menawan itu.

Baca juga : Mengenal Sejarah Tentang Kuda Arab

Dikala ini, Akhal Teke pula berperan selaku sejenis ikon status di Turkmenistan serta negara- negara sekelilingnya. Suku bangsa Kuda ini sudah menabur ke sebagian negeri lain, tercantum Amerika Sindikat, namun sedang mempunyai ikatan yang dalam dengan tanah airnya.

2. Akhal Teke adalah kuda olahraga kuno

Ras KUda Akhal Teke diprediksi telah terdapat semenjak sebagian milenium, banyak yang berspekulasi kalau Kuda ini sudah terdapat sepanjang lebih dari 3 ribu tahun. Yang lumayan menarik, salah satu julukan lama Kuda itu merupakan Nisaean ataupun Nissan, yang ialah produsen alat transportasi terkenal.

Ini sebab pada mulanya Akhal Teke dipakai selaku Kuda balapan. Kuda ini disukai sebab kecantikan, dimensi, daya, serta kecepatannya yang bergengsi. Apalagi, dikala ini Akhal Teke sedang dipakai buat pacuan di Turkmenistan.

3. Akhal Teke memiliki warna yang menakjubkan

Salah satu karakteristik khas Akhal Teke merupakan mereka mempunyai susunan binar besar yang istimewa yang membuat mereka nampak sedikit metalik. Seluruh Akhal Teke mempunyai rambut yang gemerlap apapun rupanya.

Alibi di balik karakteristik ini mungkin berhubungan dengan bentuk rambut mereka yang istimewa. Sebagian dari rambut ini membuktikan pola rasio khusus di dasar kaca pembesar, serta rasio itu dipercayai berkontribusi dalam membuat kilap suku bangsa Kuda ini.

4. Memiliki ketahanan yang luar biasa

Akhal Teke berawal dari negeri di mana santapan serta air sangat Kudag. Mulanya, Kuda ini mempunyai kerangka yang lebih besar, mereka kesimpulannya menyesuaikan diri serta meningkatkan badan yang lebih langsing semacam dikala ini. Dapat dikatakan, pemilahan alam memforsir Akhal Teke jadi suku bangsa yang enteng, kilat, serta mempunyai energi kuat yang bergengsi.

Keahlian mereka buat menempuh jarak jauh dengan kecekatan besar seperti itu yang awal kali menarik atensi orang. Pada tahun 1935, segerombol juru mudi Turkmenistan menempuh jarak 4023 kilometer dalam 84 hari. Ekspedisi itu tercantum 3 hari melewati padang pasir sejauh 378 kilometer tanpa air. Sementara itu, tipe Kuda lain tidak hendak aman bila hadapi perihal yang begitu.

5. Kuda ini biasanya didekorasi di Turkmenistan

Banyak orang Turkmenistan amat besar hati dengan Kuda Akhal Teke. Salah satu buktinya merupakan kalau Kuda ini jadi pandangan dari ikon nasional mereka.

Baca juga : Fakta Menarik Przewalski, Spesies Kuda Langka Bertubuh Kecil

Tidak hanya itu, orang Turkmenistan senang memperlihatkan Kuda mereka dengan menghiasi kuda- kuda ini dengan cara elegan. Tipe riasan khusus yang dipakai buat merias Akhal Teke diucap allagash, serta umumnya ada perhiasan ataupun mineral bernilai semacam kencana serta perak.

Mengenang banyaknya idiosinkrasi dari Akhal Teke, tidak membingungkan bila suku bangsa Kuda ini banyak disukai oleh para penghobi Kuda. Mudah- mudahan saja, Kuda ini dapat lalu dikembangbiakkan biar tidak musnah.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
Kuda